Kita sebagai komunitas harus bisa jadi fasilitas, baik bagi user vape atau non-user, (komunitas) jadi tempat diskusi dan bertanya,Ketua Vapers City of Medan, Daffa Rizky Rizandri.

Vapers City of Medan VCoM berdiri kira-kira Januari 2020 di Medan. Awalnya komunitas ini merupakan tempat jual beli di sosial media, terutama bagi vapers yang ingin COD-an (cash on delivery). Para pendiri grup itu lalu berpikir untuk mengembangkan forum jual beli ini menjadi komunitas.

Pada awal muncul, komunitas ini berisikan 170-an anggota. Angka yang sangat banyak bagi Daffa. Namun selama pandemi VCoM vakum. Lalu ketika mulai kembali, anggota VCoM berjumlah 50-an orang. Saat ini anggotanya berjumlah 25 orang. Bagi Daffa, kesibukan anggota masing-masing menjadi hambatan bagi pengembangan komunitas.

Komunitas dan Fasilitas

Bagi Daffa komunitas adalah fasilitas. Komunitas harus menjadi fasilitas bagi 2 kelompok, pengguna vape dan bukan. Tentu ada banyak sekali pertanyaan mengenai vape di kalangan masyarakat umum dan pengguna. Maka dari itu komunitas adalah tempat mereka untuk berdebat, diskusi, dan mencoba.

VCoM terbuka bagi masyarakat yang ingin bertanya. Mereka kerap mengadakan vapemeet di  kafe-kafe Medan. Menurutnya kadang kala ada saja pengunjung yang mendekati dan bertanya mengenai vape. Di saat itulah fungsi fasilitas dari komunitas bekerja.

Vape Butuh Support

Vape ini opsi lain dari rokok konvesional. Daffa mengaku vape punya dampak yang baik bagi kesehatannya. Ia merasa paru-parunya lebih “lega” baginya. Maka seharusnya vape ini bisa jadi opsi lain bagi para perokok. Di Inggris, Pemerintahnya sangat memfasilitasi bagi warganya yang ingin beralih ke vape. Hal ini bukan tanpa kajian, vape memang lebih rendah risiko dari vape.

VCoM berharap Pemerintah bisa lebih mendukung vape di Indonesia. Vape dan rokok elektrik lainnya semestinya bisa didorong menjadi opsi lain di samping rokok konvensional. Apalagi vape ini sudah mulai diproduksi menggunakan SDM dan bahan baku di Indonesia dan minim impor. Buktinya sekarang sudah ada likuid dan vape yang diproduksi di Indonesia.