Berhenti merokok dan kepulan uap vape Sumber: https://www.pexels.com/@wildanzainulfaki

Ketika kamu sudah niat untuk berhenti merokok, tetapi waktu hangout teman kamu menawarkan rokok…

Sepertinya semua sepakat bahwa motivasi yang kuat adalah penting dalam mengembangkan kebiasaan baru. Tentunya orang disekitar juga dapat mendukung semangat dan motivasi kamu dalam mengubah kebiasaan. Hal yang sama juga berlaku untuk kalian yang ingin beralih dari rokok atau bahkan berhenti merokok. Apakah terpapar penggunaan rokok bisa bikin kita kurang termotivasi untuk berhenti? Bagaimana kalau terpapar penggunaan vape? Apakah berdampak dengan tingkat motivasi kita?

Ini yang jadi fokus penelitian Jackson et.al., untuk membuktikan hubungan antara temen hangout (paparan penggunaan produk ) dan suksesnya upaya berhenti merokokmu. 

Dengan mengumpulkan 1580 partisipan Jackson et.al menemukan pola bahwa perokok yang suka hangout sama vapers (terpapar penggunaan vape) memiliki motivasi yang tinggi untuk berhenti merokok, jika dibandingkan dengan mereka yang engga pernah mencoba untuk berhenti. Hal ini tidak mengherankan ya, karena di penelitian ini juga menyebutkan bahwa pengguna rokok elektrik itu sendiri ternyata memiliki motivasi yang tinggi untuk berhenti merokok loh!

Baca juga: 74% masyarakat Indonesia memiliki orang terdekat yang menggunakan vape

Selain itu, laporan ini juga mengamini bahwa terpapar penggunaan rokok dapat menurunkan motivasi untuk berhenti. Jadi engga heran ya kalau lihat aktor di film sedang merokok, tangan ini rasanya gatal ingin ambil korek dan rokok. Namun, jika kamu sudah bulatkan tekad kamu jangan cepat menyerah ya!